Fakta Cuaca Kota Ternate

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam semuanya dimanapun kalian berada.

Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Kali ini mimin akan membahas tentang fakta cuaca dari suatu kota. Kira-kira kota apa, ya?
Pernah mendengar kata 'Ternate', gak? Apa yang ada dibenak kalian saat mendengar kata ini? "Wah, apaan tuh?" "Baru denger." "Oh yang Ternate -- Tidore itu kan?" Dan masih banyak pemikiran-pemikiran lainnya. So, let see it.
Tahu kan gambar gunung yang ada di uang seribu? "Oh, jadi itu Ternate?"  Tentu bukan. Gunung yang ada di uang seribu adalah pulau Tidore dan pulau Maitara yang dilihat dari Kota Ternate, Maluku Utara.

Ternate adalah sebuah kota yang berada di bawah kaki gunung api Gamalama di Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Ternate merupakan Ibukota sementara Provinsi Maluku Utara secara de facto dari tahun 1999 hingga 2010. Pada tanggal 4 Agustus 2010, Sofifi diresmikan menjadi ibu kota pengganti Ternate.

sumber : @exploreternate

Kota Ternate terletak antara 3 derajat Lintang Utara dan 3 derajat Lintang Selatan serta 124 - 129 derajat Bujur Timur. Wilayak Kota Ternate di sebelah Utara, selatan dan Barat berbatasan dengan Laut Maluku, dan di sebelah Timur berbatasan dengan Selat Halmaher.
Sebagai Kota Kepulauan, Kota Ternate terdiri atas 8 (delapan) pulau, yakni: Pulau Ternate sebagai pulau yang utama, Pulau Hiri, Pulau Moti, Pulau Mayau, dan Pulau Tifure merupakan lima pulau yang berpenduduk, sedangkan terdapat tiga pulau lain seperti Pulau Maka, Pulau Mano dan Pulau Gurida merupakan pulau berukuran kecil yang tidak berpenghuni.
Luas wilayah Kota Ternate 5.795, 4 km², terdiri dari luas perairan 5.544,55 km² dan luas daratan 250,85 km². Secara Administrasi Pemerintahan Kota Ternate terbagi atas 7 (tujuh) kecamatan dan 77 (tujuh puluh tujuh) kelurahan.
Wah, ternyata dibanding daratan, wilayah lautnya lebih luas sehingga kondisi iklimnya sangat dipengaruhi oleh iklim laut dan siklus dua musim yakni musin Utara-Barat dan musin Timur-Selatan yang seringkali diselingi dengan dua kali masa pancaroba disetiap tahunnya.
Kedalaman lautnya bervariasi. Pada beberapa lokasi di sekitar Pulau Ternate terdapat tingkat kedalman yang tidak terlalu dalam, sekitar 10 meter sampai pada jarak sekitar 100 meter dari garis pantai, tetapi pada bagian lain tingkat kedalamannya cukup besar dan berjarak tidak jauh dari garis pantai.

sumber ; @exploreternate

Sekarang, udah pada tahu, kan? Langsung aja kita bahas fakta cuaca kota Ternate pada tahun 2018.
1.  Suhu
Suhu menunjukkan derajat panas benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut.  Berdasarkan data diatas diketahui bahwa suhu rata - rata bulanan kota Ternate berkisar pada 27-28°C. Dengan suhu maksimum 34,5°C pada bulan Desember dan suhu minimum 23,5°C pada bulan Juni 2018.




Suhu Minimum Kota Ternate

Suhu Maksimum Kota Ternate

Suhu Rata-Rata Ternate

2. Curah Hujan
Curah hujan adalah jumlah air yang jatuh di permukaan tanah datar selama periode tertentu yang diukur dengan satuan tinggi (mm) di atas permukaan horizontal bila tidak terjadi evaporasi, runoff dan infiltrasi. Satuan CH adalah mm, inch. Data curah hujan kota Ternate pada tahun 2018 menunjukkan bahwa curah hujan tertinggi terdapat pada bulan Januari 2018 yaitu 13,0 mm.\
Data Curah Hujan


      3. Intensitas Penyinaran Matahari
Intensitas penyinaran matahari adalah lamanya penyinaran matahari dalam 12 jam per hari. Intensitas penyinaran matahari tertinggi terdapat pada bulan Mei, yaitu 12% dan terendah pada bulan Juni yaitu 0%.


Itulah beberapa data tentang fakta cuaca kota Ternate, menarik kan? Semoga bermanfaat, baai~

Posting Komentar

0 Komentar