Fakta Cuaca Bali

Info Seputar Denpasar Bali (Fose D.Ali)

Pada  kesempatan  ini kami akan membahas tentang informasi seputar kota Denpasar, bali. Adapun beberapa hal yang akan kami bahas adalah :
A. Fakta Tentang Kota Denpasar
B. Keadaan Geografis Denpasar
C. Fakta Cuaca Denpasar Tahun 2018
D. Grafik Kondisi Cuaca Denpasar Tahun 2018
Daftar diatas akan dikupas tuntas pada kesempatan ini secara ringkas, padat dan faktual.
A. Fakta Tentang Kota Denpasar
Nama Denpasar berasal dari kata "den" (utara) dan "pasar" ,sehingga secara keseluruhan bermakna
"Utara Pasar". Asal kata ini menunjukkan asal kota sebagai kota pasar, di tempat yang sekarang disebut Pasar Kumbasari (sebelumnya "Peken Payuk"), di bagian utara kota modern. Bali juga terkenal mempunyai fakta unik sebagai berikut :
• Hari libur yang sangat banyak
Hal ini terjadi dikarenakan banyak sekali adat istiadat yang dilaksanakan di bali, seperti :Ngaben, Upacara Ngekeb, Mewidhi Widana, dst.


• Jalan tol pertama diatas laut yang berada di indonesia 
Jalan tol pertama diatas laut Indonesia ini menghubungkan Nusa Dua – Ngurah Rai dan Tanjung benoa. Pembuatan jalan tol ini berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat bali.


• Festival layang – layang raksasa 
Festival Layang-Layang Bali (Bali Kites Festival) adalah acara menerbangkan layang – layang yang berlangsung setiap tahun, antara Juli dan Agustus (kadang oktober tergantung dari kondisi musim di kota bali). Festival utama berlangsung di sepanjang pantai timur Padanggalak, di utara Sanur. Ratusan rombongan layang-layang yang bersaing berkumpul dari seluruh pulau untuk menerbagkan layang-layang tradisional mereka. Acara ini diadakan sebagai ucapan terimakasih kepada Tuhan untuk hasil panen dan panen yang melimpah



• Banyak yang memilik nama serupa dengan orang lain
Salah satu fakta unik bali adalah banyak sekali orang yang mempunyai nama yang sama. Tetapi Perlu diketahui juga setiap nama panggilan tersebut ternyata punya fungsi untuk mengetahui posisi yang bersangkutan dalam struktur keluarga mereka. Misalkan Wayan adalah sebutan anak pertama. Sementara, Made untuk anak kedua, Nyoman biasanya untuk memanggil anak ketiga, dan Ketut biasanya diketahui sebagai anak paling bontot.

B.Keadaan Geografis Denpasar
Kota Denpasar berada pada ketinggian 0-75 meter dari permukaan laut, terletak pada posisi 8°35’31” sampai 8°44’49” LS dan 115°00’23” sampai 115°16’27” BT. Luas wilayah Kota Denpasar 127,78 km² atau 2,18% dari luas wilayah Provinsi Bali. Dari penggunaan tanahnya, 2.768 Ha merupakan tanah sawah, 10.001 Ha merupakan tanah kering dan sisanya seluas 9 Ha adalah tanah lainnya. Tingkat curah hujan rata-rata sebesar 244 mm per bulan, dengan curah hujan yang cukup tinggi terjadi pada bulan Desember. Sedangkan suhu udara rata-rata sekitar 29.8 °C dengan rata-rata terendah sekitar 24.3 °C. (Wikipedia)

C.Fakta Cuaca Denpasar Tahun 2018
Sebelum membahas tentang fakta cuaca kota Denpasar ada baiknya kita terlebih dahulu memperhatikan peraturan perundang – undangan PP RI No 46 Tahun 2012 “Tentang Penyelenggaraan Pengamatan dan Pengelolaan Data Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika”. Dikarenakan pada pembahasan ini kita akan menyajikan beberapa data meteorologi yang telah kami olah dari salah satu sumber data meteorologi,yaitu : Ogimet yang bisa diakses melalui link ini https://www.ogimet.com/home.phtml.en. Menurut PP RI no 46 tahun 2012 pasal 1, pengelolaan data dibagi beberapa tahap, yaitu :
1. Pengumpulan data
Kegiatan untuk mengumpulkan data dari stasiun pengamatan kepada Badan di pusat operasional yang terhubung dengan pusat data MKG.
2. Pengolahan data
Serangkaian kegiatan perlakuan terhadap data yang meliputi kendali mutu, pengelompokan, tabulasi data, dan perhitungan data.
3. Analisis data
Kegiatan mengidentifikasi perilaku gejala Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika hasil pengolahan.
4. Penyimpanan data
Proses pengarsipan data dan informasi dalam berbagai media, termasuk pembuatan sistem cadangan.
5. Pengaksesan data
Kegiatan untuk memperoleh data dan/atau informasi.
Sedangkan menurut peraturan kepala BMKG no 20 tahun 2014 “tentang kebijakan pengolahan data” data dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
1. Data level 1
Data mentah yang diperoleh dari pengamatan langsung baik dengan menggunakan peralatan manual maupun otomatis.
2. Data level 2
Data hasil pengolahan dari Data Level 1 dan/atau data yang dihasilkan langsung berupa angka.
3. Data level 3
Data hasil pengolahan dari Data Level 2 yang berupa informasi.
Sehingga menurut peraturan diatas artikel ini termasuk data level 3 yaitu berupa informasi yang telah diolah dari beberapa langkah pengolahan data. Setelah kita mengetahui tentang pengelolaan data dan jenis – jenis data, kita wajib mengetahui parameter apa saja yang akan dibahas pada artikel ini, yaitu :
1. Penyinaran matahari
Penyajian data penyinaran matahari biasanya menggunakan satuan persentase dari lamanya penyinaran matahari (%).
2. Suhu
Penyajian data suhu biasanya menggunakan satuan oC atau K.
3. Relative humidity
Penyajian data kelembaban relati (RH)  biasanya menggunakan satuan persentase (%).
4. Angin
Penyajian data angin biasanya menggunakan satuan Knot atau m/s2
5. Curah hujan
Penyajian data curah hujan biasanya menggunakan persentase atau milimeter (mm).
6. Peristiwa Cuaca Khusus
Peristiwa cuaca yang akan dibahas pada artikel ini yaitu : Persentase hujan tertinggi dan  persentase thunderstorm tertinggi.

D. Grafik Cuaca Denpasar Tahun 2018
Ketika sudah mengetahui apa saja yang akan dibahas pada artikel ini, maka kami akan menyajikan data yang telah kami olah dari ogimet tentang parameter cuaca kota Denpasar bali tahun 2018 ,sebagai berikut :
1. Penyinaran matahari

Penyinaran matahari tertinggi terjadi pada bulan septermber sebesar 85%. Sedangkan, penyinaran matahari terendah terjadi pada bulan januari sebesar 33%.

2. Suhu



Kota denpasar beriklim tropis sehingga menyebabkan perubahan suhu setiap bulannya di kota ini tidak terlalu signifikan. Denpasar bali mempunyai rerata dari rata – rata suhu bulanan sebesar 27.8C. Suhu rata – rata tertinggi mencapai 29.5 C sedangkan suhu rata – rata terendah mencapai 26 C. Suhu maksimal tertinggi di Denpasar mencapai 33.5 C pada bulan Desember tahun 2018. Suhu minimum terendah di Denpasar mencapai 23.5 C pada bulan agustus tahun 2018.

3. Relative humidity

Persentase kelembaban relatif tertinggi mencapai 82% pada bulan januari. Persentase kelembaban relatif terendah mencapai 21.6% pada bulan agustus.

4. Kecepatan dan arah angin

Kecepatan angin maksimum di Denpasar mencapai 23 Knots/320 pada bulan Januari tahun 2018. Kecepatan angin minimum di Denpasar mencapai 11 Knots/ 140 pada bulan Juli tahun 2018.

5.Curah hujan

Curah hujan tertinggi di Denpasar mencapai 14.8 mm pada bulan januari tahun 2018. Curah hujan terendah di Denpasar mencapai 0.1 mm pada bulan mei tahun 2018.

6. Peristiwa Cuaca Khusus

Persentase cuaca khusus Ra (Rain) tertinggi mencapai 71% pada bulan Januari, sedangkan persentase terendah mencapai 0% pada bulan Oktober. Persentase cuaca khusus Ts (Thunderstorm) tertinggi mencapai 23% pada bulan November, sedangkan persentase terendah mencapai 0% pada bulan Mei,Juli sampai November.




Posting Komentar

0 Komentar