Storm Surge

STORM SURGE
(Gelombang Badai)

Apa itu Gelombang Badai?
Gelombang badai (storm surge) adalah gelombang dengan panjang gelombang sampai beberapa kilometer yang dibangkitkan oleh angin badai (storm) dan penurunan tekanan atmosfer yang disebabkan suatu kejadian cuaca yang ekstrim.
Kenaikan air laut akibat gelombang badai pasang akan mengakibatkan banjir di daerah pesisir pantai jika tinggi muka laut melebihi tinggi daratan dan banjir tersebut dapat menghancurkan kehidupan sosial.

Storm Surge
Sumber: foxnews

Dampak Siklon Tropis
Karena ukurannya yang sangat besar serta angin kencang dan gumpalan awan yang dimilikinya, siklon tropis menimbulkan dampak yang sangat besar pada tempat-tempat yang dilaluinya. Dampak ini bisa berupa angin kencang, hujan deras berjam-jam, bahkan berhari-hari yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir, gelombang tinggi, dan gelombang badai (storm surge).
Siklon tropis di laut dapat menyebabkan gelombang tinggi, hujan deras dan angin kencang, mengganggu pelayaran internasional dan berpotensi untuk menenggalamkan kapal. Siklon tropis dapat memutar air dan menimbulkan gelombang laut yang tinggi.
Di daratan, angin kencang dapat merusak atau menghancurkan kendaraan, bangunan, jembatan dan benda-benda lain, mengubahnya menjadi puing-puing beterbangan yang mematikan. Gelombang badai (storm surge) atau peningkatan tinggi permukaan laut akibat siklon tropis merupakan dampak yang paling buruk yang mencapai daratan. (BMKG)

Apa saja faktor yang mempengaruhi Gelombang Badai?
1.      Tekanan Tengah
Semakin rendah tekanan semakin tinggi lonjakan yang dihasilkan.
2.      Intensitas Badai
Angin yang lebih kuat akan menghasilkan gelombang yang lebih tinggi.
3.      Ukuran
Badai yang ukurannya  lebih besar akan menghasilkan gelombang yang lebih tinggi.
Ada dua alasan untuk ini:
1)   Angin dalam badai yang lebih besar mendorong wilayah laut yang lebih luas.
2)   Kekuatan angin dalam badai yang lebih besar akan cenderung mempengaruhi  area yang lebih panjang dari badai yang lebih kecil

Karakteristik Storm Surge
Pasang surut, gelombang badai dan tsunami termasuk dalam kelas gelombang gravitasi panjang (Gonnert et al., 2001).
Gelombang badai berpusat pada sekitar 10-4 siklus per detik (cps, atau hertz, Hz), yang memberikan  jangka waktu sekitar tiga jam.  Namun, periode osilasi dapat sangat bervariasi sehingga badai dapat terjadi dalam waktu singkat (beberapa menit), secara umum dapat dipahami dan dikenali dengan baik.  Namun, tidak pada situasi di mana tingkat air yang tinggi berkaitan dengan kejadian badai yang bertahan selama dua sampai tiga hari.
Durasi gelombang badai tergantung pada:
1)     Topografi bentuk air
2)     Arah pergerakan
3)     Kekuatan badai
4)     Stratifikasi air 
5)     Bentuk dan sifat gerak pasang surut di badan air
Faktor-faktor yang mempengaruhi Storm Surge (yang termasuk dalam parameter oseanografi dan meteorologi)
1)     Karakteristik badai
2)     Faktor hidrologi
3)     Karakteristik cekungan dan geometri pantai
4)     Tekanan angin Gesekan dasar laut dan Informasi tentang pasang surut astronomi

Terjadinya Storm Surge
Diawali dengan kenaikan permukaan laut akibat pasang naik mungkin setinggi 4,5 meter di atas permukaan laut rata-rata di beberapa bagian pantai.
Kerusakan terburuk terjadi ketika lonjakan puncak terjadi pada saat air pasang.  Ketika gelombang Badai dikombinasikan dengan pasang astronomi disebut badai pasang
Gelombang badai memodifikasi gelombang pasang sedangkan siklus pasang menghasilkan perubahan dalam gelombang badai. 
Penyebab utama yang menghasilkan interaksi ini adalah efek dari gesekan dasar dan variasi dari kecepatan rambat gelombang (yang bergantung pada kedalaman total

Dampak dari Storm Surge
Gelombang badai pasang dalam penjalarannya ke daerah perairan dangkal di suatu kawasan pesisir dapat menyebabkan naiknya (run-up) air laut ke darat dan menyebabkan banjir (rob) yang menggenangi daerah daratan tersebut.
Banjir (rob) adalah banjir yang disebabkan karena meluapnya air laut (terjadi jika muka laut melebihi daratan).


Sumber:
http://www.nhc.noaa.gov/

Posting Komentar

0 Komentar