IOD



MENGENAL APA ITU
 OCEAN DIPOLE MODE ( IOD )



Gambar ( 1 )

A.     APA ITU DIPOLE MODE
Dipole Mode adalah sebutan popular dari Indian Ocean Dipole, yakni suatu fenomena pasangan antara lautan-atmosfer yang terdapat di lautan India tropis. Fenomena tersebut dicirikan dengan bersamaan terjadinya penyimpangan suhu muka laut yang berlawanan di bagian barat (50 oE – 70 oE, 10 oS – 10 oN) dan di bagian timur / tenggara (90 oE – 110 oE, 10 oS – ekuator).
Untuk menyatakan besarnya simpangan tersebut lazim digunakan istilah ”anomali” yakni beda atau pembanding terhadap nilai rata-ratanya.

B.      TAHAPAN TERBENTUKNYA DIPOLE MODE

1.       Muncul anomali SPL negatif di sekitar selat Lombok hingga selatan Jawa pada bulan Mei – Juni, bersamaan terjadi anomali angin tenggara yang lemah di sekitar Jawa dan Sumatera.

2.       Anomali terus menguat (Juli – Agustus) dan meluas sampai ke ekuator di sepanjang pantai selatan Jawa hingga pantai barat Sumatera. Kondisi diatas dibarengi munculnya anomali positif SPL di Samudera Hindia bagian barat. Adanya dua kutub di Samudera Hindia ekuator ini, semakin memperkuat anomali angin tenggara di sepanjang ekuator dan pantai barat Sumatera.

3.       Siklus mencapai puncaknya pada bulan Oktober, dan selanjutnya menghilang dengan cepat pada bulan November – Desember.


C.     DIPOLE MODE POSITIF DAN NEGATIF

1.       Dipole mode positif




Fenomena anomali suhu permukaan air laut di Samudera Hindia tropis bagian barat lebih besar dari pada di Samudera Hindia tropis bagian timurnya sehingga mengakibatkan peningkatan curah hujan dari normalnya di pantai timur Afrika dan Samudera tropis Hindia bagian barat. Sedangkan di Samudera Hindia tropis bagian timur mengalami penurunan curah hujan dari normalnyamengakibatkan kekeringan di pantai Benua Maritim Indonesia (BMI).

2.       Dipole mode negatif

Fenomena  yang berlawanan dengan dipe mode ( + ) dimana anomali suhu permukaan air laut di Samudera Hindia tropis bagian barat lebih kecil dari pada di Samudera Hindia tropis bagian timurnya sehingga mengakibatkan penurunan curah hujan dari normalnya mengakibatkan kekeringan di pantai timur Afrika dan Samudera tropis Hindia bagian barat. Sedangkan di Samudera Hindia tropis bagian timur mengalami peningkatan curah hujan dari normalnya di pantai Benua Maritim Indonesia (BMI).


D.     DAMPAK DIPOLE MODE BAGI WILAYAH INDONESIA

1.       Jika dalam suatu kondisi terjadi dipole mode positif maka hal ini akan berdampak dimana akan terjadi kekeringan diwilayah benua maritime Indonesia khususnya diwilayah sekitar sumatera. Hal ini akan berdampak pada akan terjadinya berbagai kondisi bruk seperti kebakaran hutan dan kekurangna persediaan air bersih
2.       Sebaliknya jika terjadi dipole mode megatif maka akan berdampak pada wilayah Indonesia khusunya sumatera dimana akan meningkatnya curah hujan pada daerha sekitar sumatera. Hal ini dapat berdampak pada dimana dengan tingginya curah hujan dapat memicu peristiwa banjir, juga dengan curah hujan akan menggagalkan hasil perkebunan karena tanaman akan busuk.
E.      PERISTIWA DIPOLE MODE

                  Berikut adalah kutipan tentang terjadinya peristiwa dipole mode


 

Posting Komentar

0 Komentar