Land Breeze dan Sea Breeze

Kita sering mendengar istilah angin darat dan angin laut, namun apakah kalian tahu angin apakah itu? mari kita simak pada pembahasan kali ini.

Sebelum membahas angin darat dan angin laut, kita harus mengetahui dulu apa itu angin.

Angin adalah udara yang bergerak yang diakibatkan oleh pergerakan atau rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di lingkungan sekitar. Angin bertiup dari daerah yang memiliki tekanan udara tinggi ke tempat yang memiliki tekanan udara rendah.

Faktor yang memengaruhi kecepatan angin yaitu
Lokasi


Lokasi mempengaruhi kecepatan angin, didekatkhatulistiwa angin akan lebih cepat dari  pada angin yang jauh dari garis khatulistiwa.
Jika lokasi angin semakin tinggi maka semangin  kencang pula angin yang bertiup. Hal ini dikarenakan oleh pengaruh gaya gesekan yang menghambat laju udara. Di permukaan bumi, gunung, pohon serta topografi yang tidak rata lainnya akan memberikan gaya gesekan yang besar. Semakin  tinggi suatu tempat maka gaya gesekan ini semakin kecil.
Angin akan bergerak lebih cepat pada siang hari, sebaliknya terjadi pada malam hari.
Tinggi Lokasi
Waktu

Nah, setelah mengetahui angin secara umum, mari kita bahas mengenai angin darat dan angin laut.
1.  Angin Darat


Angin darat atau yang juga dikenal dengan isitlah land breeze adalah angin yang berembus dari daerah darat ke laut. Ada juga yang menamainya sekaligus men cirikannya dengan angin kering karena ia merupakan    jenis angin yang kering karena berasal dari wilayah daratan yang kering. Ia terjadi pada malam hari sebagai akibat dari suhu di daerah daratan yang lebih cepat turun dibanding suhu di daerah laut yang masih panas.

2. Angin Laut
Angin laut atau sea breeze adalah angin yang berembus dari arah lautan ke daratan dan terjadi pada siang hari. Pada siang hari, suhu di daratan lebih panas dibanding di lautan karena daratan memang lebih cepat menerima panas, seperti halnya ia juga cepat menerima dingin. 

  • Proses terjadinya Angin Darat



Angin darat terjadi ketika pada malam hari energi panas yang diserap permukaan bumi sepanjang hari akan dilepaskan lebih cepat oleh daratan (udara dingin). Sementara itu di lautan energi panas sedang dalam proses dilepaskan ke udara. Gerakan tersebut menyebabkan udara dingin dari daratan bergerak menggantikan udara yang naik di lautan sehingga terjadi aliran udara dari darat ke laut. 

  • Proses terjadinya Angin Laut

Angin laut terjadi ketika pada pagi hingga menjelang sore   hari, daratan menyerap energi panas lebih cepat dari lautan  sehingga suhu udara di darat  lebih panas daripada di laut.  Akibatnya udara panas didaratan akan naik dan digantikan udara dingin dari lautan. Maka terjadilah aliran udara dari laut ke darat.

Manfaat Angin dalam Kehidupan
  1.  Angin darat digunakan oleh para nelayan untuk berangkat mencari ikan ke laut di       malam hari.
  2. Angin laut sering digunakan oleh para nelayan untuk pulang dari laut di siang hari.
  3. Mendukung kegiatan olahraga dan hiburan, beberapa jenis olahraga seperti surfing, paralayan, dan ski air. 
  4. Membangun   pergerakan awan  sehingga mempercepat proses terjadinya  hujan.
  5. Bisa digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga angin, yang menjadi salah satu alternatif sumber listrik. 


Bahaya yang Ditimbulkan oleh Angin
  1. Angin yang bertiup kencang bisa menjadi sangat berbahaya jika bersamaan dengan ombak yang juga besar
  2. Angin yang disertai dengan badai dapat menyapu perumahan dan merobohkan pohon

sekian artikel mengenai angin darat dan angin laut, semoga bermanfaat, terimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar